Wednesday 19th December 2018
    banner 728x90

    Mursyid: Turun dan Mengangkat

    By: On:

    Guru/Mursyidmu dengan kearifannya berupaya turun menghampiri pikiranmu. Kamu pun dengan semangat belajarmu mesti berupaya naik ke pikiran gurumu.

    Tuhanmu dengan kearifan-Nya turun menghampiri bahasamu. Kamu pun dengan semangat pencarianmu mesti naik memahami bahasa Tuhanmu.

    Bahasa Tuhan yang turun disebut hidayah. Pemahamanmu yang naik disebut mujahadah. Pertemuan keduanya disebut taufik.

    Demikian itulah termasuk ayat-ayat Allah:  siapa yang Allah menyukainya, maka ia mendapat petunjuk, siapa yang Allah sesatkan, maka engkau (Muhammad) tidak mendapatkan untuknya seseorang yang wali yang memintarkan (mendidik)-Nya, tentang urusan dunia, dan urusan keakhiratan. (QS. al Kahfi : 17)

    Untuk mengenali dan mencapai Allah, seorang hamba tidak berkemampuan, karena dimensi manusia sebagai hamba sangat terbatas. Karena itu, sesuai dengan keinginan Allah, IA menciptakan makhluk perantara sekaligus pengantar manusia untuk mempermudah berhubungan dengan Allah, Tuhan yang Maha Kuasa  dan mengenalnya dengan baik. Firman Allah dalam hadits Qudsi menceritakan posisi-Nya di kalangan hambanya sebagai berikut :

    كُنْتُ خَزِيْنَةً خَافِيَةً فَاَرَدْتُ اَنْ اُعْرَفَ فَخَلَقْتُ الْخَلْقَ فَتَعَرَّفْتُ اِلَيْهِمْ فَعَرَّفُوْنِ

    Adalah Aku satu perbendaharaan yang tersembunyi, maka inginlah Aku supaya diketahui siapa Aku, maka Aku jadikanlah makhluk-Ku. Maka Aku memperkenalkan diri-Ku kepada mereka (para petugas Allah).

    Guru/mursyid akan mengantarkan kita sampai ke ‘pantai’ yang aman dan menjauhkannya dari segala gangguan selama di perjalanan. Sebab, sebelumnya mursyid telah melewati seluk-beluk jalan itu. Mursyid mengetahui tempat-tempat berbahaya dan tempat yang aman dan terus menemaninya sampai akhirnya dia sampai di tempat yang dituju. Kemudian selanjutnya, sang Mursyid akan memberinya izin untuk membimbing orang lain.

    Maka sungguh beruntung dan terpeliharalah kita atas seluruh rangkaian perjalanan untuk sampai ke hadapan sang Mursyid. Atas seluruh keberuntungan ini, tibalah bagi kita untuk membaktikan diri dalam kasih dan saying-Nya. Karena hanya kepada-Nyalah segala sesuatu bergantung. Amin Allahumma Amiin…

     

    andi miswar | kembangan 23, mei 2018

    #rasi #kembangan #AbangBulganon #yaskumindonesia #pencerahan #kalam #amfile

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Leave a Reply